BlogPiknik

Lima Tempat Wisata Budaya Yang Wajib Dikunjungi di Bali

Buat para traveler, Bali tentu menjadi salah satu destinasi pilihan dan favorit di Indonesia. Selain terkenal dengan wisata alam, Bali juga tak kan pernah terpisahkan dengan kekentalan budayanya. Bagi kamu yang penasaran dengan kebudayan Bali, berikut lima rekomendasi tempta wisata budaya yang wajib kamu kunjungi di Bali.

 

  1. Kertha Gosa

Kawasan ini merupakan salah satu situs budaya yang sangat dijaga di Bali. Dibangun pada masa kerajaan Klungkung pada tahun 1686, tempat ini pada awalnya digunakan sebagai tempat diskusi tentang keadaan rakyat Bali. Penggagas pembangunan kawasan ini adalah Ida I Dewa Agung Jambe, pemegang kekuasaan di Bali kala itu.

Di sini anda bisa melihat bangunan berarsitektur khas Bali yang sangat menggugah. Selain itu anda juga bisa menikmati lukisan-lukisan yang sangat indah. Hanya dengan uang Rp.12.000-, anda sudah bisa memasuki kawasan bersejarah ini. Jangan lupa, untuk menghormati tradisi setempat, anda harus menggunakan selendang atau sarung sebelum memasuki Kerta Gosa.

 

  1. Bale Kambang

Masih berada di kawasan Kertha Gosa, anda akan menemui sebuah bangunan candi yang tertelak di tengah kolam bernama Bale Kambang. Bangunan ini terkenal akibat arsitekturnya yang mencengangkan. Ukiran-ukiran yang ada di langit-langit Bale Kambang sering sekali membuat para turis, baik turis lokal dan mancanegara terkagum-kagum.

Setiap baris dari lukisan yang ada di langit-langit Bale Kambang menceritakan kisah yang berbeda. Baris pertama menceritakan tentang peristiwa astrologi yang dipercaya oleh rakyat Bali. Baris kedua bercerita tentang kisah Pan dan Men Brayut yang memiliki 18 orang anak. Sementara baris paling atas menceritakan tentang kisah petualangan pahlawan Bali yang bernama Sutasona.

 

  1. Museum Semarajaya

Museum Budaya Semaraja dulunya adalah gedung sekolah yang dipakai ketika masa penjajahan Belanda. Museum ini masih berada di kompleks yang sama dengan Kertha Gosa dan Taman Gili. Tidak hanya benda-benda yang merupakan produk budaya Bali, namun anda juga bisa menemukan benda-benda peninggalan prasejarah di ini. Benda-benda ini digunakan pada masa Perang Puputan Klungkung.

Museum ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia pada 28 April 1992, bersamaan dengan peresmian Monumen Puputan Klungkung. Selain melihat benda-benda bersejarah yang ditata di 3 ruangan berbeda, anda juga bisa relaks di pelataran museum yang indah dan asri. Tempat ini sangat cocok untuk melepas kepenatan jika anda sudah agak jenuh dengan pantai-pantai di Bali yang sangat ramai.

 

  1. Pura Tanah Lot

Tanah Lot adalah salah satu ikon wisata di Bali. Di bongkahan batu raksasa yang membentuk pulau mini ini terdapat dua buah pura. Satu pura berada di atas bongkahan batu sementara satu pura lagi ada di atas tebing. Pura ini bagian dari Pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura dimana umat Hindu di Bali melakukan pemujaan terhadap dewa-dewa penjaga laut.

Objek Wisata yang luar biasa ini terletak di Beraban, Selemadeg Timur, Tabanan, sekitar 13 kilometer dari sebelah barat Kota Tabanan. Di sebelah utara Pura Tanah Lot, terdapat sebuah pura lain yang menjorok ke laut yang disebut sebagai Pura Karang Bolong. Anda bisa menikmati saat-saat terbaik di sini ketika matahari tenggelam ataupun terbit.

 

  1. Bedugul

Tempat wisata ini adalah pilihan yang baik jika anda perlu untuk merelaksasi syaraf anda yang tegang. Terletak di dataran tinggi, tempat wisata ini secara menakjubkan memiliki Danau yang disebut Danau Beratan. Karena terletak di dataran tinggi, Bedugul memiliki suhu udara yang sejuk, sekitar 17 hingga 25 derajat celcius. Di sini, anda juga akan menemukan pura terkenal yang disebut dengan Pura Ulun Danu.

Di Bedugul juta terdapat sebuah masjid yang cukup bersejarah yaitu Masjid Al-hidayah. Ini menjadi saksi bahwa umat Hindu dan umat Islam bisa hidup berdampingan dengan sangat baik di Bali. Meski banyak Pura, di Bedugul juga terdapat banyak masjid dan umat muslim bisa beribadah dengan tenang. Sebuah harmonisasi alam dan umat antar-agama yang sangat menenangkan jiwa.

Demikianlah lima wisata budaya yang bisa anda kunjungi di Bali. Ingat, sebelum anda pergi ke tempat-tempat menakjubkan tadi, anda harus menanamkan di kepala anda bahwa anda tidak boleh merusak atau mengotori tempat wisata tersebut. Sudah saatnya kita menjaga tempat wisata sebagai bagian dari rumah kita. Dan jangan lupa untuk menghormati kebijakan dan kearifan lokal.


Info lebih lanjut

Bali

Pura Tanah Lot

Pura Penyawagnan Subak Kembang Kuning

Previous post

Ritual Chit Ngiat Pan, Sembahyang Rebut Tradisi Tionghoa

Next post

Mengenal Kehidupan dan Kebudayaan Masyarakat Sebuah Dukuh dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.