#KodeNusantaraBeritaPiknik

3 Kuliner Hits Kabupaten Tegal

Familiar dengan kata “Tegal”? Mungkin yang terlintas dipikiranmu pertama kali dengan kata Tegal adalah warteg atau warung tegal dan dialeg bahasa orang-orangnya yang ngapak ya? Tapi, Tegal tidak hanya seputar warteg dang dialeg ngapak loh. Tegal salah satu area di wilayah Jawa Tengah yang memiliki sejarah panjang. Dan Tegal sendiri terbagi menjadi dua bagian, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal.

Seperti kota-kota lain di Indonesia, Tegal sarat akan kekayaan budaya dan kekhasan kulinernya. Berbicara tentang kuliner, ada banyak kuliner, mulai dari jajanan pasar, kerupuk, makanan atau pun minuman yang ada di Tegal. Dari sekian banyak kuliner yang ada berikut rekomendasi 3 kuliner yang hits di Kabupaten Tegal.

  1. Es Lontrong
  2. Teh Poci
  3. Tahu Aci

Es lontrong merupakan minuman yang terbuat dari es serut, santan, pewarna, kacang hijau, hung kweh, dan kolang-kaling. Es ini dijual di area pasar kota Slawi dan banyak diburu oleh masyarakat.

Es Lontrong

Slawi, ibu kota Kabupaten Tegal juga terkenal dengan Teh Poci. Teh Poci khas Slawi juga memiliki slogan “wasgitel”, panas, legi lan kentel (panas, manis, dan kental). Teh Poci ini lumrahnya disajikan dengan menggunakan poci dan gelas yang terbuat dari tanah liat dan gula batu.

Teh Poci

Siapa yang tak kenal tahu aci? Salah satu panganan yang selalu digemari dan diburu oleh para pelancong yang menginjakan kakinya di Tegal. Terdapat pula tugu tahu aci yang berada di Kota Slawi yang menjadi salah satu landmark di kota ini.

Tahu Aci

Bagaimana? Sudah pernah mencoba semuanya? Jika belum silakan berkunjung ke Tegal atau bisa mengulik dulu informasinya di budaya-indonesia.org.

Previous post

Launching #KodeNusantara: Merajut Kebhinekaan Nusantara

Next post

Open Internship Sobat Budaya Foundation

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.