#KodeNusantaraBeritaEventMedia Sosial

Sobat Budaya Segera Launching Peta Kuliner Nusantara

Tahun 2007 menjadi tolok ukur dimulainya pencarian isu budaya yang dilakukan oleh Komunitas Sobat Budaya, yang kian tahun kian meningkat hingga sekarang. Hal melatarbelakangi kegiatan ini adalah kebutuhan masyarakat terhadap informasi budaya semakin tinggi. Maka, kegiatan pendataan budaya merupakan hal yang sangat penting.

Komunitas Sobat Budaya memiliki program Gerakan Sejuta Data Budaya (GSDB). Gerakan ini merupakan inisiatif untuk mengumpulkan kekayaan data budaya Indonesia untuk dihimpun menjadi Perpustakaan Digital Budaya Indonesia (PDBI) yang hingga saat ini telah terhimpun 33.000 data budaya dari seluruh Nusantara. Data yang telah dikumpulkan akan di audiensikan dengan ke World Intellectual Property Organization (WIPO), sebuah lembaga HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) di bawah PBB. Audiensi ini bertujuan untuk pengenalan dan pengakuan internasional atas kekayaan pengetahuan budaya tradisi di Indonesia. Hal ini menjadi salah satu bentuk perlindungan budaya dari klaim, serta untuk kepentingan penelitian selanjutnya.

Bentuk dukungan untuk menyukseskan program GDSB tersebut, Komunitas Sobat Budaya akan meluncurkan Peta Kuliner Nusantara dalam acara Launching Peta Kuliner Nusantara (LENGKUAS). Acara ini diselenggarakan oleh Yayasan Sabat Budaya dan Bandung Fe Institute. Melalui peta kuliner, masyarakat dapat mengenali beraneka macam kuliner dari berbagai daerah di Indonesia dan dapat melihat hubungan kekerabatan antara kuliner satu daerah dengan daerah lainnya.

Peta Kuliner ini diharapkan dapat mendukung UKM Indonesia yang bergerak dibidang kuliner. Riset yang mendasari Aplikasi “Nusa Kuliner” ini telah lolos dalam program seleksi riset budaya yang diselenggarakan oleh LPDP.

Peta kuliner nantinya diwujudkan dalam bentuk aplikasi yang bernama “Nusa Kuliner”. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis bagi pengguna perangkat smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS. Dalam Peta kuliner ini akan ditunjukkan kelas makanan dan minuman berdasarkan tujuan dan gaya layanan di masakan. Hasilnya, pengguna tidak hanya bisa belajar mengenai kuliner, tetapi juga bisa meningkatkan rasa cinta terhadap warisan budaya Indonesia ini, dan nilai-nilai filosofis di balik makanan itu.

Pemetaan pada “Nusa Kuliner” mencakup kurang lebih 1500 makanan dan minuman tradisional dari berbagai wilayah Kepulauan Indonesia yang dikumpulkan oleh Komunitas Sobat Budaya melalui Perpustakaan Digital Budaya Indonesia, www.budaya-indonesia.org.

Pemetaan dilakukan secara komputasional dengan melihat kemiripan struktural dari bahan-bahan yang digunakan dalam penyajian makanan dan minuman tersebut. Hasilnya adalah kekerabatan makanan dan minuman dari berbagai daerah tersebut berdasarkan indikasi geo-ekologis bahan-bahan makanan.

Melalui peta kuliner ini, masyarakat dapat melihat seberapa jauh atau dekat suatu makanan/minuman dari suatu daerah dengan makanan/minuman dari daerah yang lain. Pencarian makanan dapat dilakukan dengan nama makanan, asal daerah, dan bahan-bahan makanan yang digunakan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Komunitas Sobat Budaya mengundang rekan media untuk menghadiri Launching Peta Kuliner Nusantara (LENGKUAS) dengan tema “Peta Kekerabatan Kuliner & Jalur Rempah Nusantara,” bersama Hokky Situngkir (Presiden Bandung Fe Institute, Founder Sobat Budaya), Siti Wulandari (Ketua Umum Sobat Budaya), JJ Rizal (Sejarawan), Johari Zein (Komisaris JNE).

Komunitas Sobat Budaya juga mengadakan lomba sebelum acara berlangsung, adapun lomba tersebut terdiri dari Lomba Foto Instagram, Lomba Youtube Video, dan Lomba Submit Data Budaya.

Adapun Launching Peta Kuliner Nusantara (LENGKUAS) akan diadakan pada:

Hari/Tanggal               : Sabtu, 26 November 2016

Tempat                          : PT. Bukalapak.com, Plaza Cityview Lt. 1, Jalan Kemang Timur No. 22 Ps. Minggu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Waktu                            : 13.00 – 17.00 WIB

Agenda

13.00-13.10                 : Opening

13.10-14.10                  : Launching Peta Kuliner: “Peta Kekerabatan Kuliner & Jalur Rempah Nusantara”

14.10-14.40                 : Sharing Session

14.40-15.10                 : Press Conference

14.40-15.10                 : Penampilan Sobat Budaya

15.10-15.30                 : Games Tebak Bumbu

15.30-16.00                : Closing

Acara ini disponsori oleh JNE. Serta didukung oleh Bandung Fe Institute, AcroBatik, bukalapak.com, dan pesonanusantara.co.id.

Previous post

Seni Budaya Tradisional Mampu Mempersatukan Sumatera

Next post

Mempersatukan Bangsa Melalui Festival Budaya Anak Bangsa

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *