#KodeNusantaraBeritaEvent

Sobat Budaya Rayakan Sumpah Pemuda dengan #KodeNusantara

Sumpah Pemuda yang dirayakan setiap tanggal 28 Oktober menjadi salah satu peringatan yang mengingatkan anak muda untuk bisa berkontribusi kepada bangsa dan negara Indonesia. Sumpah Pemuda yang pada awalnya menjadi penggebrak dan gerakan kristalisasi semangat kemerdekaan, kini harus berubah wujud sesuai dengan kebutuhan bangsa dan negara Indonesia setelah merdeka.

Sobat Budaya memaknai hari Sumpah Pemuda dengan kontribusi menjaga pengetahuan budaya tradisi di Kepulauan Indonesia.

Di momen Sumpah Pemuda tahun 2016 ini, Sobat Budaya menyelenggarakan Workshop dengan tema “Discover Your Contribution in Preserving Traditional Culture.” pada hari Minggu, 30 Oktober 2016 di Galeri Indonesia Wow, SMESCO.

Pada kegiatan, para peserta mendapatkan pengetahuan mengenai upaya pendataan dan penggalian informasi budaya yang dilakukan melalui Gerakan Sejuta Data Budaya (GSDB) dan Perpustakaan Digital Budaya Indonesia (PDBI) . Para peserta dilibatkan secara langsung untuk mendata kekayaan budaya yang ditemui di Paviliun Galeri Indonesia Wow yang menampilkan ragam budaya dan kerajinan dari 34 Provinsi Indonesia. Pengenalan GSDB dan PDBI disampaikan oleh Siti Wulandari selaku Ketua Umum Sobat Budaya dan Dadan Suhandana selaku Sekretaris Jendral Sobat Budaya.

Dalam sesi ini, para peserta juga dikenalkan dengan Pengetahuan yang terkuak di balik kekayaan budaya nusantara. Pengetahuan ini terangkum dalam sebuah buku “Kode-Kode Nusantara.” Pengetahuan mengenai #KodeNusantara disampaikan langsung oleh Hokky Situngkir, yang merupakan Inisiator GSDB dan penulis buku ini.

Melalui Kode-Kode Nusantara kita bisa memahami bahwa ternyata di balik selembar kain batik, bukan hanya perihal motif, namun ada rumus matematika fraktal. Di balik sekumpulan batu-batuan di Situs Gunung Padang ternyata terdapat jam matahari dan sumber bunyi pentatonic f”-g”-d”-a”.

Workshop Sumpah Pemuda: Discover Your Contribution in Preserving Traditional Culture sukses terselenggara dengan dukungan dari berbagai pihak yakni Bandung Fe Institute, AcroBatik, Info Budaya, JNE, Lembaga Layanan Pemasaran KUKM, SMESCO RumahKU,  Galeri Indonesia Wow, Qwords, dan Sahabat Cewek.

 

Previous post

Ketika Pengetahuan Budaya Indonesia Menjelma Dalam Kode-Kode Nusantara

Next post

Konser Musik Kolintang Digelar di Australia

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.