Berita

Di Moskow, Mahasiswa Indonesia Gelar Festival Budaya Nusantara

Mahasiswa asal Indonesia yang berada di Moskow, Rusia, menggelar festival budaya Indonesia bertajuk “Pelita Cita Nusantara: From Indonesia to The World”, pada hari Sabtu (21/05). Mereka, yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Indonesia (PERMIRA) Moskow mengadakan festival yang terdiri dari pameran, konser dan “Indonesia Kitchen” ini di Universitas Persahabatan Rakyat Rusia (RUDN).

Mahasiswa Indonesia di Rusia menampilkan tarian Reog Ponorogo yang berasal dari Jawa Timur. Sumber: PERMIRA

Pada acara ini disajikan tarian berburu yang menceritakan kehidupan masyarakat suku Dayak di Kalimantan dan tarian Lenggang Jakarta. Selain itu, pada konser Pelita Cinta Nusantara kali ini, juga disajikan berbagai penampilan dari Sabang sampai Merauke. Antara lain pentas Wayang dan tarian Reog Ponorogo asal Jawa Timur, tarian daerah Maluku, serta tari kipas Angin Mamiri.

Tak hanya yang studi di Moskow, mahasiswa dari kota lain pun turut ikut meramaikan konser ini. Misalnya saja mahasiswa yang berada di Samara menampilkan tarian kolosal dan bersambung, juga dari Sabang hingga Merauke. Dimulai dari pencak silat, tarian Melayu, ritual bambu gila, tari Sajojo, sambil secara medley menyanyikan lagu-lagu daerah Indonesia.

Acara konser ini diawali dan diakhiri dengan festival jajanan tradisional “Indonesia Kitchen”. Publik yang datang ke konser tersebut puas dengan lumpia, bakwan, pisang goreng dan kue lumpur kentang. Kelezatan kuliner khas Indonesia ini, kelezatannya diakui oleh para pengunjung dan membuat mereka ketagihan.

Pada pemeran budaya, mahasiswa memamerkan berbagai souvenir dan kerajinan tangan khas Indonesia seperti batik, gantungan kunci, dompet dan masih banyak lagi. Serta untuk makin menyemarakkan konser ini, Prof. Andrik Purwasito dan Charline Tiara didatangkan langsung dari Indonesia untuk memainkan gamelan dan sasando.

alat-musik-sampeq-borneo-berkolaborasi-dengan-sasando-ntt

Mahasiswa Indonesia yang berada di kota Moskow berharap masyarakat di sana semakin mengenal dan berminat untuk mengetahui tentang budaya Indonesia yang sangat beragam itu, sehingga kemudian bisa menigngkatkan angka kunjungan wisata ke Indonesia.


Lebih lanjut:

 

Sumber berita dan foto: indonesia.rbth.com

Previous post

Riau Inisiasi Pembentukan Dinas Kebudayaan

Next post

Budaya Indonesia di London Dalam Gelaran "Indonesia Weekend"

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.