Berita

Sobat Budaya Menangkan Culturepreneur Award Njonja Meneer

Jakarta, 7 Maret 2016 – Dalam rangka melestarikan dan mengembangkan budaya menjadi sumber ekonomi kreatif, PT. Njonja Meneer bersama Neera Ayu Foundation menyelenggarakan acara “Culturepreneur Award 2016” di Hotel Borobudur Jakarta pada Sabtu, 5 Maret 2016 kemarin.

 

Sebagai sebuah perusahaan jamu ternama di Indonesia, PT. Njonja Meneer memberikan penghargaan ini kepada para penggiat ekonomi kreatif yang berbasikan budaya tradisi nusantara. Menurut Charles Saerang, Presiden Direktur PT. Njonja Meneer : “Wirausaha budaya telah terbukti mampu menggerakkan ekonomi dari sebuah komunitas dan memberdayakan masyarakat.”

 

Sehingga dapat dikatakan bahwa upaya pelestarian budaya dengan solusi kewirausahaan ini dinilai sangat penting karena dengan sisi kewirausahaan tersebut kegiatan pelestarian budaya dapat berlanjut secara mandiri (sustain).

 

Dari total 30 finalis yang tersebar di seluruh Indonesia, terpilihlah 6 finalis yang melakukan penjurian kembali untuk dipilih menjadi pemenang favorit dewan juri. Adapun 6 finalis terpilih tersebut adalah :

–       Siti Wulandari (Jawa Barat)                : Ketua Umum Sobat Budaya

–       Sugeng Handoko (Jogjakarta)              : Founder Ekowisata Gunung Api Purba

–       IdaAyu Rusmarini (Bali)                     : Pengrajin Obat Herbal dan Dpa Bali

–       Emma Amalia Bisri (Jakarta)               : Pelestari budaya Betawi

–       Zeni Setyo Nugroho (Jawa Timur)             : Pembatik Tulis

–       Erwan Asbun (Kalimantan Tengah)     : Pelestari Budaya Dayak

 

Setelah dilakukan penjurian kembali dengan kriteria : 1) Kegiatan yang dilakukan, 2) Dampak kegiatan tersebut baik lokal maupun nasional, dan 3) Keberlanjutan kegiatan ini dari sisi inovasi dan kewirausahaan. Terpilihlah Siti Wulandari (Sobat Budaya) dan Sugeng Handoko (Ekowisata Gunung Api Purba) sebagai pemenang favorit pilihan dewan juri.

Sobat Budaya adalah sebuah komunitas yang berupaya melestarikan budaya melalui pendataan. Data budaya yang terkumpul dikembangkan menjadi ensiklopedia, riset budaya, inovasi budaya dan ekonomi kreatif melalui brand acrobatik. Sobat Budaya memiliki paten atas batik logo dan batik fisika yang terus dikembangkan menjadi sumber ekonomi kreatif Sobat Budaya. Hingga Maret 2016, telah terbentuk 43 komunitas Sobat Budaya di berbagai daerah di Indonesia.

Gunung Api Purba merupakan sebuah ekowisata yang berada di Gunung Kidul, Jogjakarta. Ekowisata ini mengenalkan berbagai macam potensi dan budaya lokal Jogjakarta kepada para pengunjung.

Previous post

Sepenggal Tradisi Dibalik Kecantikan Gadis Mentawai

Next post

Sobat Budaya Jakarta Mendiskusikan Tari Nandak Ganjen

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.