Event

Sobat Budaya Jakarta Mendiskusikan Tari Nandak Ganjen

Komunitas Sobat Budaya Jakarta memiliki kegiatan rutin bulanan yaitu diskusi budaya. Ini yang perdana, diadakan 27 Februari 2016 bertopik Tari Nandak Ganjen dengan narasumber Atien Kisam seniman Betawi pencipta tarian tersebut. Cultural Discussion “Mempertahankan Budaya Betawi” ini hanya dihadiri internal saja yakni pengurus dan relawan.

Tari Nandak Ganjen diambil dari bahasa Betawi, nandak berarti menari dan ganjen berarti centil atau menggoda. Tarian ini dibawakan oleh remaja putri. Tak hanya memperbincangkan tentang Tari Nandak Ganjen, penari sekaligus pesilat yang akrab disapa Bang Atien ini bercerita banyak perihal Betawi. Prestasi Bang Atien amat banyak dan karyanya telah sampai kancah internasional.

SBJ Diskusi Tari Nandak Ganjen

Ilmu budaya Betawi yang Bang Atien kuasai bukan hanya dipentaskan melalui kesenian, tradisi dalam keluarganya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari demi terjaganya budaya Betawi. Ada ungkapan menarik yang Bang Atien ucapkan yaitu “ngasosi” yang berarti ngaji salat silat merupakan kegiatan wajib dilakukan orang Betawi. Bang Atien mengakhiri diskusi ini dengan berpesan “Budaya apapun yang kalian bawa ke Jakarta pertahankan karena bahaya kalau dilupakan dan silakan untuk pelajari budaya lain.”

Bagi yang ingin belajar tari, silat, sambil mengenal banyak seni budaya Betawi lainnya dapat mengunjungi Bang Atien di Anjungan DKI Jakarta Taman Mini Indonesia Indah dan Balai Rakyat Condet lho!

SBJ & Bang Atien


Lebih jauh tentang:

 

Previous post

Sobat Budaya Menangkan Culturepreneur Award Njonja Meneer

Next post

Cinta Budaya Dengan Berjiwa Musik Batak

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.