Blog

Kampung Kuta, Desa Adat di Ciamis

Mendengar nama Kuta banyak yang mengira nama pantai yamg ada di Bali. Namun, Kuta adalah sebuah nama kampung adat yang lokasinya berada di lembah yang curam kurang lebih 75 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing, terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dalam bahasa Sunda artinya adalah pager tembok.

Menurut legenda dari masyarakat sekitar , kampung Kuta sering disebut adanya negara burung atau daerah yang batal menjadi ibukota Kerajaan Galuh. Kampung Kuta masih terikat aturan-aturan adat yang masih mereka anut. Tidak jauh dari kampung adat yang lain, kampung kuta juga masih menggunakan sebutan sesepuh dan kuncen untuk pimpinan yang memegang adat tersebut.

Mayoritas masyarakat disana lebih memilih untuk bercocok tanam, bertenak ikan, dan memproduksi gula aren. Masyarakat  di Kampung kuta juga masih menggunakan rumah panggung dan kamar mandi diluar (Balong).

Walaupun Kampung Kuta terkenal dengan aturan adat yang kuat masyarakat disana masih mengenal dan menggemari berbagai kesenian untuk sarana hiburan, baik kesenian tradisional maupun kesenian modern seperti calung, reog, sandiwara (Drama sunda), tagoni (terbang), klining, jaipong, kasidah, ronggeng, sampai kesenian dangdut. Kesenian tersebut biasanya dipertunjukan dalam perhelatan hajatan perkawinan dan penerimaan tamu kampung.

Untuk kalian yang ingin mengunjungi kampung kuta bisa menggunakan angkutan umum atau mobil pribadi bisa ditempuh dengan jarak  sekitar 34 km menuju arah Timur Laut dari kota Ciamis.

Sumber : disparbud.jabarprov.go.id

Previous post

Wow, Ada Pagelaran Budaya dengan Konsep Kekinian!

Next post

Pasar Keroncong Kotagede

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.