Berita

Cara Jerman Merawat Budaya Kita

infobudaya: – Dalam hal kebudayaan negeri ini memang tiada tandingannya. Setiap provinsi maupun daerah pasti memiliki ragam kebudayaan yang berbeda. Keanekaragamaan pemberian Ilahi inilah yang membuat negeri ini diakui dunia. Tapi kadang kita terlena dengan artefak budaya yang kita miliki. Padahal bangsa lain senantiasa mengapresiasi aneka kebudayaan kita, bahkan iri.

Ada banyak cara negara lain mengapresiasi kebhinekaan budaya kita, salah satunya dengan mendirikan rumah adat suku-suku bangsa Indonesia. Ada rumah Gadang di Belanda, Pura Agung Shanti Buwana di Belgia, rumah Balai Batak Toba di Jerman. Khususnya, rumah Batak yang amat megah berdiri di tengah Kota Waperloh, negara bagian Niedersachsen, Jerman Utara, ini sudah ada sejak tahun 1978.

Karena adanya hubungan historis sekaligus misionaris dengan masayarakat Batak membuat pastor Matthus berinisiatif mengimitasi rumah adat Batak di negeri Nazi. Namun kini rumah adat tersebut telah beralih fungsi menjadi museum dan objek wisata bagi penduduk Jerman. Itulah cara Jerman merawat kebudayaan Indonesia. Bagaimana dengan kita?

Sumber:

http://www.goodnewsfromindonesia.org/


 

Lebih lanjut tentang:

 

Artikel Sebelumnya

Anugerah Budaya Bagi Tiga Inspirator Budaya

Artikel Selanjutnya

Australia Kirim Putra-Putri Belajar Budaya Sulsel

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.