Berita

Tari Bali: Satu Lagi Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

foto: googleimage

Tari Bali memang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, yang mampir ke pulau terbaik ke-2 di dunia ini berdasarkan pilhan pembaca Travel + Leisure. Popularitas tari Bali pun sudah tidak perlu diumbar lagi. Bagaimana tidak? Tari Bali selalu dijadikan tontonan wajib bagi siapa pun yang ingin menikmati Bali.

Setelah Wayang, Keris, Batik, Angklung, Tari Saman, dan Noken Papua, tarian yang khas dengan lirikan mata sang penari ini akhirnya ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada awal Desember 2015. Ada sembilan tari Bali yang sah menjadi satu di antara 35 Warisan Budaya Dunia Tak Benda, yaitu Barong Ket, Joged, Legong Keraton, Drama Tari Wayang Wong, Drama Tari Gambuh, Topeng Sidakarya, Baris Upacara, Sanghyang, dan Rejang.  Sembilan tari Bali ini menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia pada Sidang UNESCO di Namibia, Afrika Selatan.

Kabar ini tentu saja menjadi satu lagi kabar baik bagi Indonesia. Dengan ini, tarian-tarian tradisional di Indonesia akan semakin diapresiasi oleh pihak luar. Seperti yang ditulis oleh Edi Yuwono di Fanpage Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Facebook, “Dari Bali untuk dunia”.

 

Sumber:

http://www.goriau.com/uncategories/wow-unesco-putuskan-tari-bali-jadi-warisan-budaya-dunia.html

http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/07/10-peringkat-pulau-terbaik-di-dunia-bali-nomor-dua

http://bali.tribunnews.com/2015/12/03/sah-9-tari-bali-telah-ditetapkan-unesco-sebagai-warisan-budaya-dunia

Artikel Sebelumnya

Nelayan Muara Angke Langsungkan Tradisi Nadran

Artikel Selanjutnya

Pesan Pelestarian dari Rote

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.