Berita

Wow, Ada Taman Mini Indonesia di Belgia

infobudaya.net: – Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) memang ada di Indonesia. Tapi kini sudah “curi” oleh Belgia. Tapi nanti dulu, Anda jangan langsung marah. Sejak 20 Mei 2009 Belgia membangun replika TMII seluas 5 hektare di Parc Paradiso, Bruglette, Belgia, dengan nama  The Kingdom of Ganesha sebagai bentuk penghargaan atas bangsa Indonesia.

Disana Anda akan melihat miniatur Indonesia di jantung Eropa. Anda seolah-olah sedang berada di Indonesia. Di beranda tampak ada rumah Toraja, ada juga Puri Agung Shanti Buwana, ukurannya mirip dengan yang ada di Bali. Puri ini berdiri tegak di atas sawah bertingkat ala sawah di Ubud.

Tak hanya itu, ada juga replika Candi Prambanan dan Borobudur berukuran besar serta bongkahan batu besar berderet ala Gunung Kawi di balik tembok candi. Di belakang Prambanan, tampak rumah adat Nusa Tenggara Timur, berderet melingkari ujung taman. Dan seluruh replika Taman Indonesia ini diperindah dengan beragam patung, batu yang digunakan, dan batang kayu pohon besar didatangkan langsung dari Indonesia.

Tak hanya bangunan, gajah pun didatangkan langsung dari Sumatera untuk menambah suasana keindonesiaan. Rasa keindonesiaan semakin kental terasa tatkala Anda mengetahui bahwa yang membangun The Kingdom of Ganesha adalah seniman asal Bali dan Jawa Tengah. Jika Anda tak percaya, silahkan datang ke Bruglette.

 

Sumber:
www.goodnewsfromindonesia.org


 

Lebih jauh tentang:

 

Previous post

Kelas Tari Tradisional, Tanamkan Cinta Budaya

Next post

Kesenian Sulawesi Berkibar di Euro Folk Festival!

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.