Berita

Launching Aplikasi “Peta Batik Indonesia”

Dalam rangka memperingati “Hari Batik Nasional”, yang dirayakan setiap tanggal 2 Oktober, Bandung Fe Institute bersama Sobat Budaya meluncurkan aplikasi “Peta Batik Indonesia”. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis bagi pengguna Android dan pengguna iOS.

Batik di Indonesia sangat beragam. Ia tidak hanya berkembang di Pulau Jawa saja, namun juga di Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Papua. Nyaris hampir setiap daerah memiliki corak batik yang khas. Dalam proses pendataan budaya yang kami lakukan bersama Sobat Budaya selama 9 tahun terakhir, melalui situs www.budaya-indonesia.org, telah terdokumentasikan setidaknya 5.849 motif batik, yang tersebar dari Aceh hingga ke Papua.

Bandung Fe Institute, sebagai lembagai penelitian kompleksitas  sosial di Indonesia, kemudian berinisiatif untuk melakukan pemetaan terhadap keragaman batik yang ada di Indonesia.  Proses pemetaan dilakukan dengan mengabungkan pendekatan matematika fraktal, ilmu komputasi warna dan kajian biologi evolusioner. Struktur geometris dari setiap motif batik diukur melalui pendekatan matematika fraktal. Pola karakteristik warna motif batik dikaji melalui pendekatan komputasi warna. Parameter-parameter yang diperoleh dari hasil perhitungan tersebut kemudian dianalisis melalui pendekatan pohon evolusi yang berkembang dalam kajian biologi evolusioner. Parameter bentuk geometris dan pola warna motif batik diolah sebagai sekuen-sekuen informasi, seperti urutan DNA dalam struktur biologis. Dan dari rangkaian penelitian panjang tersebut akhirnya lahirlah “Peta Batik Indonesia”, yang merepresentasikan perkembangan dan kekerabatan motif-motif batik di Indonesia.

“Peta Batik Indonesia” memiliki beberapa fungsi. Yang pertama, peta ini dapat menjadi metode yang terukur (kuantitatif) dalam melihat evolusi dan perkembangan batik di Indonesia. Fungsi kedua, ia dapat menjadi alat bantu dalam mengindentifikan motif batik yang tidak diketahui secara jelas asal usulnya. Dan yang ketiga, peta ini memiliki fungsi edukasi. Masyarakat dapat menggunakannya untuk melihat deskripsi detail dari sebuah motif batik dan pola kekerabatannya dengan motif batik yang lain. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis bagi pengguna Android dan iOS. Para pengguna Android dapat mengaksesnya http://tiny.cc/androidBatik. Sementara itu para pengguna iOS (iPhone, iPad dan iPod touch) dapat mengunduhnya di http://tiny.cc/iOSBatik. Semoga aplikasi “Peta Batik Indonesia” ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan kita terhadap batik, sebagai warisan tradisi adiluhung Nusantara.

Mari mencitai Indonesia dan mari menginspirasi dunia!

Previous post

Kesenian Sulawesi Berkibar di Euro Folk Festival!

Next post

Aplikasi “Peta Lagu Tradisional Indonesia” Resmi diluncurkan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.