BeritaEvent

Cara Banjar Merawat Permainan Rakyat

infobudaya.net: – Meski permainan tradisional mulai tenggelam dan telah digeser oleh kehadiran permainan bercorak digital bukan berarti kita pasrah. Sebaliknya, kita mesti melakukan upaya inovatif untuk membumikan kembali permainan tradisional. Salah satunya dengan menggelar Expo atau kegiatan kesenian secara rutin baik oleh masyarakat maupun pemerintah daerah.

Seperti yang dilakukan oleh Kabupaten Banjar yang menggelar Banjar Expo di Taman Alun-alun Ratu Zalecha Martapura Kabupaten Banjar, beberapa waktu lalu. Acara yang bertujuan membumikan kembali sekaligus melestarikan permainan tradisional ke dalam sanubari rakyat. Dalam acara tersebut ditemukan ragam perlombaan tradisional seperti Enggrang, Terompah dan Dugongan yang sudah jarang ditemui di tengah masyarakat. Tepuk tangan serta gemuruh penonton pun menghiasi acara tahunan tersebut. Terutama masing-masing suporter berasal dari kalangan pelajar.

Cara sederhana yang dilakukan oleh pemda Banjar setidaknya mampu membangkitkan kesadaran masyarakat setempat betapa negeri ini punya permainan tradisional yang mantap. Saya kira di setiap daerah kini sudah melakukan event sederhana seperti di Banjar ini. Bagi yang belum, sudah saatnya termotivasi.

Sumber:

tribunnews.com


Lebih jauh tentang:

Kalimantan Selatan

Permainan Tradisional

Previous post

Cara Unik Orang Palembang Dalam Memilih Calon Menantu

Next post

Perlu Dicontoh

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.