Berita

Menikmati Suasana Candi Abang, Situs yang Menyerupai Bukit Teletubbies

infobudaya.net – Sebagian besar candi yang berada di Yogyakarta dibangun menggunakan batu jenis andesit. Tetapi jangan salah, ternyata ada sebuah candi yang terletak dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman  yang menggunakan bata merah. Candi tersebut bernama Candi Abang.

Penamaan Candi Abang oleh masyarakat karena penggunaan bata berwarna merah (dalam bahasa Jawa Abang), sebagai bahan utama pembangunan candi tersebut. Jika anda mengunjungi candi tersebut, anda tidak akan menemukan bangunan candi yang menjulang tinggi dan dipenuhi ukir-ukiran. Saat ini Candi Abang terlihat lebih menyerupai sebuah bukit jika dibandingkan dengan bangunan candi. Bangunan candi saat ini hanya tinggal gundukan tanah yang ditumbuhi rumput dengan cekungan di bagian puncaknya.

Berdasarkan data dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, belum banyak data mengenai situs Candi Abang. Catatan tertua mengenai Candi Abang terdapat pada laporan ROD (Report Oudheidkundige Dients) tahun 1915. Dalam ROD 1915 disebutkan bahwa di Candi Abang pernah ditemukan sebuah lingga dan arca Budha. Lingga adalah lambang Dewa Siwa, dewa tertinggi dalam agama Hindu.

sumber :

Tribun Jogja


Lebih Jauh Tentang

Previous post

Kenalkan Karya Tradisional Lewat Sepatu

Next post

Kelas Budaya Indonesia Sangat Diminati di Universitas Sofia

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.