BeritaEvent

Mengenal Budaya Nusantara Lewat Tekstil

infobudaya.net – Berbagai kain dari Tanah Air memenuhi Museum Tekstil Jakarta yang dipamerkan hingga 13 Juli mendatang. Salah satunya kain pelekat, wastra tenun dengan ragam hias kotak-kotak yang turut ditampilkan dalam Enjoy Ramadhan 2015 di Museum Tekstil, akhir pekan lalu. Istilah wastra merujuk pada kain tradisional yang ditenun tangan dan memiliki banyak makna.

Wastra pelekat ini menjadi sangat populer di seluruh wilayah pesisir Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Di beberapa daerah lainnya di Indonesia, sarung pelekat digunakan sebagai bagian dari busana tradisional masyarakat setempat dan juga menjadi bagian dalam upacara daur hidup.

“Sebenarnya, koleksi tekstil sangat banyak dan beragam di Indonesia, dengan macam-macam tekniknya. Namun, tidak semua orang mengenalnya karena mereka tidak ada punya kesempatan untuk datang atau barang kali karena kurang minat. Karena itu, melalui acara ini, Museum Tekstil memamerkan beberapa koleksi kain pelekat lebih dekat lewat bazar. Hal ini bertujuan mengenalkan kepada warga bahwa sarung yang mereka pakai itu ada namanya, ada asal wilayahnya, dan ada keunikan tekniknya. Itu merupakan kekayaan Indonesia,” ucap Kepala Museum Tekstil, Dyah Damayanti

sumber :

Sinar Harapan


Lebih jauh tentang :

Previous post

Lonceng Kematian Budaya Kita

Next post

Festival Duurstede Akan Digelar di Maluku

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.