BeritaBlog

Laksan, Makanan Penggugah Selera

Indonesia dipenuhi dengan berbagai macam budaya yang begitu beragam. Di antara banyaknya budaya itu termasuk di dalamnya adalah makanan tradisional. Makanan tradisional di setiap daerah pun berbeda dan masing-masing daerah memiliki makanan tradisional daerahnya masing-masing. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai makanan khas dari kota Palembang. Yaitu, laksan.

Laksan adalah makanan khas dari kota Palembang yang terbuat dari bahan dasar pempek lenjer yang kemudian dipotong-potong. Kuahnya pun gurih dengan banyak bumbu dan pedas dengan cabai. Sepintas, laksan terlihat seperti lontong sayur karena kuahnya berwarna kuning oranye.Selain tepung sagu, laksan juga terbuat dari pempek lenjer yang berbahan dasar ikan, rasanya gurih juga diperkaya dengan kuah santan. Biasanya orang-orang menikmati laksan dari menyeruput kuahnya dahulu. Kuah laksan asli terasa sekali aroma dan jejak jahe, lengkuas​, dan kemirinya. Apalagi, jika kuahnya ditambahkan sambal atau potongan cabai, rasanya pedas menggigit. ​Ditambah bawang putih,  garam, ketumbar, lada, daun salam, ser​ai​, santan, dan gula, hmm, rasa laksan pun menjadi sempurna dan benar-benar menguggah selera.

Selain pempek, orang Palembang juga menjadikan laksan menu favorit mereka. Selain rasanya yang lezat dan tampilannya yang menggugah selera. Laksan juga mengandung nilai gizi yang tinggi. Nutrisi daging ikan yang gurih seperti ikan gabus dan tenggiri menyediakan protein, karbohidrat, kalsium, dan zat besi. Laksan bisa jadi alternatif baik untuk para orang tua jika anak-anak ​yang kurang suka​ ikan.

Sumber:

Detikcom

Previous post

Filosofi Kolak

Next post

Festival Budaya Sambut Lailatul Qadar

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.