BeritaEvent

Kaum Lansia Lestarikan Budaya lewat Lomba Tortor

infobudaya.net – Kaum lanjut usia (lansia) di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dilibatkan untuk menanamkan kembali nilainilai kebudayaan pada generasi muda lewat lomba tortor.  Kegiatan yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbahas itu menjadi salah satu cara mengajak generasi muda mencintai dan memahami budaya daerah. Kepala Dinas Perhubungan dan Pariwisata Pemkab Humbahas, MPR Manullang mengatakan, saat ini terjadi banyak pergeseran nilai dari sejumlah budaya Batak, khususnya untuk tortor.

Upaya revitalisasi dibutuhkan untuk menjembatani pengembalian nilai-nilai tersebut sehingga bisa kembali tertanam pada generasi muda. “Kita tidak menolak perubahan, tetapi ada banyak nilai harus dipertahankan sebagai bagian dari jati diri kita sebagai masyarakat Batak. Karena itu, lewat lomba tortor antar masyarakat yang sudah lansia ini, kami berharap generasi muda belajar,” tuturnya di aula Huta Mas, Doloksanggul, Senin (6/7).

MPR Manullang menjelaskan, tortor merupakan tarian seremonial yang disajikan dengan musik gondang. Secara fisik tortor merupakan tarian, namun makna dari gerakan-gerakannya menunjukkan sebuah media komunikasi. Melalui gerakan yang disajikan, terjadi interaksi antara partisipan upacara.

sumber :

Koran Sindo


Lebih jauh tentang :

Previous post

Lestarikan! Budaya Cuci Negeri

Next post

Dieng Culture Festival Digelar Agustus Mendatang

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.