Berita

Mahakarya Indonesia dalam Silat dan Wayang

Generasi muda masih menganggap bahwa mengenal budaya Tanah air adalah sesuatu yang kuno, membosankan, dan ketinggalan zaman. Padahal Indonesia memiliki keragaman budaya yang tinggi dari Sabang hingga Merauke. Hal itu yang coba dibahas oleh 2 tokoh yang berhasil dalam memperkenalkan budaya Indonesia, Yayan Ruhian sebagai Master Silat Indonesia dan Dalang Wayang Urban Indonesia, Nanang Hape.

Melonjaknya minat pencak silat tak bisa dipisahkan dari film “The Raid” karya sutradara Gareth Evans. Gareth Evans yang terlebih dahulu membuat film dokumenter pencak silat berjudul “Mystic Arts of Indonesia:Pencak Silat” memang tergila-gila dengan pencak silat Indonesia yang mempunyai keragaman. Keberhasilan film “The Raid” di dunia internasional membuat pencak silat mendunia.

Sementara Nanang Hape berusaha memperkenalkan wayang urban di kalangan muda dengan berusaha keluar dari pakem wayang. Namun Nanang tetap mengangkat nilai-nilai tradisi budaya lewat wayang urban dengan merekrut para pemain dari berbagai daerah di luar jawa. Untuk mendekatkan Wayang dengan generasi muda, Nanang mencoba memahami psikologis anak muda dengan memasukan standar estetika yang dipahami oleh anak muda sekarang.

Sumber Berita

sinarharapan.co


Lebih lanjut tentang:

 

Previous post

Pentingnya Menjaga Kelestarian Budaya Indonesia

Next post

Klaim Budaya oleh Negara Lain Karena Minimnya Data Budaya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.