BeritaEvent

Di Meranti Ada Olahraga Tradisional Pertama di Dunia

Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki olahraga tradisional yang pertama di Riau, bahkan dunia. Olahraga tersebut bernama lari atas tual sagu. Awalnya olahraga ini merupakan aktivitas orang-orang terdahulu dalam menghitung tual sagu sebelum dijual ke penampungan. Olahraga yang bersifat adu kecepatan atas tual sagu di sungai ini sudah sering digelar oleh masyarakat di Kepulauan Meranti.

Guna melestarikan permainan ini, Sanggar Bathin Galang menggelar permainan tersebut dalam rangkaian Pesta Sungai Bokor ke-5 pada bulan Juli 2015. Selain lari atas tual sagu, panitia juga mengadakan berbagai permainan rakyatlainnya, seperti golek tual sagu, mancing senepak, main seningkik gasing dan beberapa olahraga tradisional lainnya.

Event ini juga ditujukan untuk promosi daerah Meranti ke dunia internasional. Wisatawan mancanegara dapat mengikuti lomba ini. Diharapkan kehadiran event ini turut melestarikan kearifan lokal dan dapat menjadi ikon destinasi wisata setempat yang diakui oleh BPNB (Badan Pelestarian Nilai Budaya) wilayah Riau dan sekitarnya.

Sumber Berita

goriau.com


 

Lebih lanjut tentang:

Previous post

Menjaga Rumoh Aceh Agar tak Tinggal Nama

Next post

Permainan Gasing Dikhawatirkan Akan Punah

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.