BeritaEvent

Pekan Budaya Dayak Libatkan Siswa SD

Pekan Budaya Dayak Kalimantan Timur digelar pada tanggal 27-30 April lalu. Pekan budaya ini diselenggarakan oleh Komunitas Sekar Nusa Jakarta di Museum Nasional, Jakarta. Pekan Budaya ini diselenggarakan bertepatan juga dengan hari jadi Museum Nasional ke-237. Pekan Budaya Dayak diselenggarakan di Jakarta dalam rangka mengenalkan budaya Dayak kepada khalayak umum, di luar masyarakat Kalimantan.
Dalam rangkaian acara ini Komunitas Sekar Nusa Jakarta juga turut melibatkan siswa-siswi SD se-Jabodetabek. Sejumlah 1.000 siswa dari 20 Sekolah Dasar diajak untuk turut memeriahkan helatan acara ini. Tujuannya adalah untuk mengenalkan budaya dayak kepada anak-anak, dan untuk mengedukasi mereka untuk cinta budaya Nusantara.
Anak-anak SD diajak untuk menjelajah Museum Nasional, membuat makanan khas Dayak, menarikan tari Enggang, membuat kerajinan, menyanuikan lagu Burung Enggang dan Buah Bolo, mendengarkan cerita legenda dari Dayak dan dikenalkan dengan alat musik Sape. Selain kegiatan yang dikhususkan untuk para siswa, pekan budaya ini pun mengadakan workshop tari untuk para guru sehingga para guru bisa mengajarkan kembali tarian tersebut kepada para siswa. Pekan Budaya Dayak yang diselenggarakan oleh Komunitas Sekar Nusa telah dilaksanakan sejak tahun 2011.

Sumber Berita

Sindo News


Lebih Jauh Tentang

Kalimantan Timur

Dayak

Tarian

Kuliner

Ornamen

Musik dan Lagu

Alat Musik

Cerita Rakyat

 

 

 

Previous post

Motif Batik Ini Dipercaya Bisa Mempercepat Kesembuhan

Next post

Program Desa Budaya Untuk Lestarikan Budaya Tradisional

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.