Berita

Melestarikan Budaya Lewat Jajanan Tradisional

Budaya, yang merupakan hasil peradaban, diyakini harus dijaga dan dilestarikan eksistensinya. Di tengah era globalisasi yang tanpa batas sekarang ini, arus informasi dan persebaran budaya-budaya asing memang tidak bisa dibendung. Upaya untuk menjaga kebudayaan tradisi juga bukanlah hal yang mudah sekarang ini, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Melestarikan budaya tradisi seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama, namun, tidak semua orang, masyarakat Indonesia, memiliki rasa saling memiliki kebudayaan ini dan berniat untuk menjaganya. Hal ini terjadi karena tidak banyak orang yang paham dan mengerti seberapa penting nilai-nilai budaya tradisi bangsa ini. Seringkali, kita baru merasa memiliki dan kehilangan manakala budaya kita telah diakui oleh negara lain.

Sudah banyak kasus-kasus pengakuan budaya Indonesia oleh negara-negara lain. Tentu, kita tidak mau semakin banyak kasus-kasus serupa terjadi di kemudian hari. Oleh karena itu, mulai dari diri kita, dari sekarang, kita harus memulai untuk mengenali, mencintai, menjaga dan melestarikan budaya tradisi bangsa Indonesia.

Salah satu tindak nyata yang bisa dilakukan adalah dengan mengenali jajanan tradisional Indonesia. Kuliner bisa dijadikan sebagai media yang tepat untuk mengenalkan Indonesia. Indonesia yang terdiri dari kurang lebih 17.000 pulau, memiliki keunikan dan keragaman kuliner yang sangat beragam dan tidak terhitung jumlahnya. Dengan mengetahui keragaman kuliner kita sendiri, kita pun bisa mengenalkan keragaman kuliner ini kepada dunia.

Sumber Berita

Mata Wanita


 

Lebih Jauh Tentang

Kuliner 

Previous post

Perayaan Hari Kartini dengan Lomba Budaya Tradisi

Next post

Hari Kartini Sebagai Momentum Pelestarian Budaya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.