BeritaEvent

Lomba Gobak Sodor di Rumah Bung Karno

Pengelola Kawasan Wisata Makam Bung Karno menyelenggarakan perlombaan gobak sodor. Gobak sodor yang merupakan permainan tradisional kini sudah banyak ditinggalkan oleh anak-anak, dan tergantikan dengan games modern. Perlombaan ini digelar di rumah masa kecil Bung Karno di Jalan Sultang Agung, Kota Blitar, Jawa Timur, yang biasa disebut juga Istana Gebang atau Ndalem Gebang.

Perlombaan permainan tradisional ini merupakan upaya perlawanan budaya menghadapi modernisasi. Kini, permainan tradisional kian ditinggalkan dan sudah semakin terlupakan. Jika tidak dihidupkan kembali dan diperkenalkan kepada anak-anak, lambat lain permainan ini sudah pasti akan punah. Padahal, permainan tradisional merupakan warisan nenek moyang yang menyelipkan nilai-nilai yang agung. Permainan gobak sodor misalnya, mengajarkan sportivitas dan rasa kebersamaan.

Pelajar SD da SMP di Kota Blitar ikut serta dalam lomba dolanan gobak sodor. Peserta terdiri dari delapan anak per kelompok. Dalam satu kali permainan ada dua kelompok yang bertandin, kelompok penjaga dan kelompok pembobol. Kelompok penjaga bertugas menjaga garis, dan kelompok pembobol harus menerobos garis penjaga dari depan hingga ke belakang.

Sumber Berita

Okezone


Lebih Jauh Tentang

Jawa Timur

Blitar

Permainan Tradisional

Gobak Sodor

 

Previous post

Ultah TMII ke-40 Tampilkan Budaya dari 34 Provinsi

Next post

Pengusaha: Malaysia Contek Batik RI

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.