Berita

William Wongso: Kuliner sebagai Identitas Budaya

Kuliner menjadi sangat penting sebagai budaya bangsa. Indonesia memiliki banyak keanekaragaman makanan yang berbeda antar daerah, harus dijaga agar tidka diklaim oleh negara lain. Seperti halnya tarian, kuliner adalah bagian dari identitas Budaya Indonesia.

Pemerintah perlu mempopulerkan cita rasa otentik makanan tradisional Indonesia ke mancanegara. Saat menjamu undangan, pemerintah jangan membatasi diri dengan hanya menghidangkan kuliner yang sesuai dengan tamu undangan. Tapi dengan menyajikan kuliner tradisional Indonesia sebagai hidangan makanan untuk menyambut perwakilan pemerintah negara lain yang berkunjung ke Indonesia.

Selain itu, pemerintah perlu meningkatkan dukungan terhadap industri bahan baku atau bumbu otentik Indonesia. Selama ini, orang yang sedang di luar Indonesia selalu kesulitan bahan baku untuk bumbu-bumbu otentik Indonesia. Padahal bumbu tersebut menghasilkan cita rasa yang khas pada masakan Indonesia.

Kuliner sebagai budaya bangsa harus dipertahankan dengan mencintai dan mempelajari cerita di balik lahirnya makanan khas itu. Untuk itu, sektor pendidikan perlu diperhatikan agar dapat mendukung pelestarian kuliner Indonesia sebagai budaya bangsa. Ironinya, hampir 90 persen pendidikan juru masak mempelajari masakan non Indonesia.

Sumber:

Kompas


Lebih jauh tentang:

 

Previous post

Tujuh Kampung Tradisional Indonesia Nan Eksotis

Next post

Kontes Telusur Budaya Bersama Sobat Budaya Jakarta

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.