Berita

Rumamba, Tradisi Naik Rumah Baru di Minahasa

Tradisi upacara adat naik rumah baru di Minahasa dikenal dengan nama Rumamba. Tradisi rumamba ini semakin jarang dilakukan di Minahasa. Seorang Minahasa, akhirnya menyelenggarakan ritual rumamba untuk melestarikan dan menggali budaya Minahasa yang telah lama ditinggalkan.

Upacara adat rumamba akan diawali dengan pemukulan tetengkoren oleh tokoh adat. Pemukulan tetengkoren dilanjutakan dengan ungkapan rasa syukur dengan bahasa daerah Minahasa. Tokoh adat juga akan membagikan permen kepada para tamu sebagai wujud pembagian berkat.
Tradisi Rumamba ini tergolong panjang prosesinya. Setelah ritual yang dilakukan oleh tokoh adat akan dilanjutkan dengan penanaman pohon tawaang oleh Bupati, tokoh Brigade Manguni, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tuan rumah. Prosesi dilanjutkan dengan pagelaran tarian maengket, tarian kabasaran, gunting pita oleh pemilik rumah, penyerahan kunci oleh tukang kepada tuan rumah.
Penyerahan kunci merupakan simbol dari pekerjaan membangun rumah telah selesai. Saat memasuki rumah, tuan rumah akan melakukan tradisi menyalakan lampu disertai dengan berdoa. Ritual dilanjutkan dengan mempersilakan para tamu memasuki rumah untuk menguji ketahanan rumah.

Sumber Berita

Tribun News


Lebih Jauh Tentang

Sulawesi Utara

Manado

Minahasa

Ritual

Tarian

Produk Arsitektur

Rumamba

Tari Maengket

Tari Kabasaran

 

 

 

 

Previous post

Didiet Maulana Rancang Jaket Tenun untuk Turnamen Golf

Next post

Festival Mentaram Kenalkan Budaya dan Tradisi NTB

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.