Berita

Ragam Budaya dalam Semangkuk Soto

Tahukan sobat kalau soto yang terkenal di berbagai daerah di Indonesia adalah hasil akulturasi dengan budaya Tiongkok? Dan juga budaya India? Soto Lamongan, Soto Betawi, Soto Kudus hingga Soto Madura terdapat persilangan budaya dengan Tiongkok, dan ada juga persilangan budaya dengan India.
Menurut Dennys Lombard, soto berasal dari Caudo, makanan dari Tiongkok dan pertama kali dipopulerkan di daerah Semarang. Caudo ini lama kelamaan menjadi soto, coto di Makassar, tauto di Pekalongan dan ada juga beberapa daerah yang menyebutnya sauto. Dari mana persilangan budaya Tiongkok dalam semangkuk soto? Mi atau soun pada soto, misalnya, adalah salah satu persilangan dengan tradisi Tiongkok. Serbuk koya, yang kadang digunakan juga merupakan budaya kuliner Tionghoa peranakan.
Dan ada kemungkinan juga soto mendapat pengaruh budaya dari India. Kita tahu, ada beberapa jenis soto di Indonesia yang menggunakan bumbu kunyit atau bumbu semacam kari India. Cita rasa budaya lokal ada di mana? Bumbu yang digunakan untuk meramu soto juga memiliki cita rasa Jawa. Bumbu yang berasal dari kemiri dan jeruk limau adalah cita rasa lokal.

Sumber Berita

Tribun News


Lebih Jauh Tentang

Jawa Tengah , Jawa Timur , Makassar , Semarang , Lamongan , Pekalongan ,  Kuliner , Soto

 

Previous post

Hibah Gamelan dan Wayang untuk Papua

Next post

Tradisi Khas Anak-Anak Indonesia

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.