Berita

Lima Dalang Wayang Paling Populer di Indonesia

Indonesial adalah bangsa yang memiliki banyak macam kebudayaan, salah satu di antaranya yakni seni boneka wayang atau yang lebih dikenal dengan wayang. Wayang merupakan seni pertunjukkan boneka yang dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa serta Hindu. Pertunjukkan ini tidak hanya populer di Jawa dan Bali, melainkan juga di daerah seperti Sumatera. Wayang juga memiliki banyak jenisnya, dapat dibedakan berdasarkan bahan dan kisah pewayangan seperti wayang kulit, wayang kayu, wayang orang, wayang rumput dan lain-lain.

Seni Wayang sudah diakui oleh UNESCO ke dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia mulai sejak 2003 silam. Berbicara tentang wayang akan berkaitan juga dengan dalang. Dalam dunia pewayangan, dalang adalah seorang yang memiliki keterampilan spesial dalam memainkan boneka wayang. Keahlian tersebut didapat selain faktor keturunan bisa juga karena belajar kepada dalang senior.

Indonesia memiliki banyak dalang-dalang senior yang berbakat sekaligus disegani karena inovasi dan dedikasinya dalam dunia pewayangan. Ki Nartosabdo, Ki Anom Suroto, Asep Sunandar Sunarya, Ki Manteb Soedharsono dan Ki Slamet Gundono adalah beberapa dalang senior yang populer dan dihormati di dunia pewayangan. Bahkan beberapa di antaranya sebagai pembaharu dunia pedalangan yang kerap menimbulkan kritikan pada zamannya.

Sumber:

viva.co.id


Lebih lanjut tentang:

 

Previous post

Ribuan Pelari Siap Ramaikan Nusantara Run

Next post

Tak Hanya Kain, Ubin Pun Bermotif Batik

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.