BeritaEvent

Festival Dolanan Tradisional Digelar di Kediri

Festival Dolanan Tradisional digelar di kawasan Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri, Jawa Timur oleh Yayasan Yatim Mandiri Kediri. Anak-anak dari berbagai panti asuhan di kediri mengikuti festival ini. Berbagai permainan tradisional dimainkan seperti gobag sodor, egrang, lompat tali, dakon, bola bekel, yoyo kayu, bakiak panjang dan ular-ularan.
Permainan-permainan tradisional ini terlihat asing bagi anak-anak. Mereka canggung dan bingung untuk memainkan permainan ini sehingga para pendamping harus menjelaskan terlebih dahulu cara memainkannya. Hal ini terjadi karena permainan tradisional ini hanya ada dan populer di era sebelum mereka lahir, dan semakin jarang dimainkan di era sekarang ini. Kini, anak-anak lebih familiar dan akrab dengan game online dibandingkan dengan permainan tradisional.
Sejatinya setiap permainan tradisional ini memiliki ciri khas dan filosofinya masing-masing. Egrang misalnya, permainan ini mengajarkan bagaimana caranya tubuh dapat menciptakan keseimbangan. Bakiak, mengajarkan kerja sama dan kekompakan dalam tim. Dan yang pasti unsur olahraga dalam setiap permainan tradisional.

Sumber Berita

Kompas


Lebih Lanjut Tentang

Kediri , Jawa Timur , Permainan Tradisional , egrang , lompat tali, bola bekel,  bakiak panjang

 

Previous post

Tari Saman Dikenal Luas di Melbourne

Next post

HIMPAUDI Gelar Lomba Permainan Tradisional di Ciamis

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.