Berita

Dalami Budaya Jawa Lewat Tari Dewi Sri

Banyak yang tak mengenal bahwa kisah-kisah nenek moyang ternyata banyak mengandung filosofi. Masuknya budaya barat lewat berbagai media mengakibatkan nilai-nilai luhur tradisi masyarakat Indonesia mulai hilang. Kisah-kisah yang biasanya diceritakan lewat dongeng ataupun tari kini lambat laun mulai tak diceritakan atau ditampilkan lewat sebuah pertunjukkan.

Hal inilah yang coba dipelajari oleh seorang gadis asal Madiun, Susi Indriyani. Walau bukan berasal dari Yogyakarta, namun minatnya yang besar dalam mempelajari seni tradisi masyarakat Yogyakarta membawanya untuk belajar seni tari. Mahasisiwi Fakultas Pendidikan Seni Tari ini sejak SMP kagum dengan seni tradisi masyarakat Yogyakarta. Selain belajar filosofi Jawa lewat tari, Susi bercita-cita untuk melestarikan seni tradisi Jawa.

Salah satu kisah yang mengandung filosofi dalam masyarakat adalah cerita tentang Dewi Sri. Kisah tersebut menceritakan tentang seorang puteri yang disihir menjadi ular karena keserakahan manusia. Namun lewat pertolongan seorang petani, akhirnya ular tersebut berubah wujud menjadi seorang puteri. Dan atas kebaikan petani, sang puteri menghadiahkan panen yang melimpah kepada petani.

Sumber:

SindoNews


Lebih lanjut tentang:

 

Previous post

Nilai-nilai Luhur Budaya Betawi Harus Dipertahankan

Next post

Sobat Budaya Ikut Meriahkan ASEAN Literary Festival 2015

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.