Event

Bhinneka Fest Akan Digelar 6 Maret 2015

“BHINNEKAFEST” adalah kegiatan pameran budaya Indonesia yang diselenggarakan atas kerjasama Center of Complexity & Center of Music Development Surya University. Acara Bhinneka Fest dibantu juga oleh Sobat Budaya, sebagai komunitas yang membawa misi “Gerakan Sejuta Data Budaya” (GSDB). Komunitas ini melakukan pendataan budaya tradisi Indonesia guna mencegah kepunahan dan klaim budaya dari negara lain. Selain itu data budaya tradisi Indonesia juga berfungsi sebagai ensiklopedia budaya Indonesia, penelitian dan inovasi ekonomi kreatif.

 

“BHINNEKAFEST” merupakan sebuah acara yang menampilkan ragam budaya yang ada di Indonesia, yang tercermin dalam semboyan negara “Bhinneka Tunggal Ika”. Semboyan itu sendiri berarti “Berbeda-beda tapi Satu”; di mana kata “Bhinneka” dalam semboyan itu berarti “Berbeda-beda” ataupun “beragam”. Karena bentuk acara ini adalah pameran, maka disematkan kata –fest, yang berarti festival. Diharapkan acara “BHINNEKAFEST” dapat mempresentasikan keberagaman budaya Indonesia kepada para pengunjung pameran.

 

Adapun manfaat acara “BHINNEKAFEST” antara lain:

  1. Melihat spektrum budaya Indonesia;
  2. Memberikan gambaran bagaimana keragaman budaya dipandang dari sudut sains;
  3. Merangsang generasi muda untuk (data budaya, melihat budaya sbg informasi, informasi yg penting bagi pembangunan Indonesia).

 

Previous post

Akulturasi Budaya Tionghoa dan Sunda dalam perayaan Cap Go Meh di Bogor

Next post

Gubernur Minta Pemerintah Pusat Minta Pemerintah Pusat Ikut Biayai Pelestarian Budaya Bali

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.