Berita

Belajar Filosofi Jawa dari Tari Tradisional

Susi Indriyani, gadis asal Madiun mengagumi tradisi masyarakat Yogyakarta. Ia sangat menyukai tradisinya, terutama tari tradisional. Sejak SMP, ia sudah mempelajari tradisi Jawa lewat tari.
Susi terus mempejari tarian tradisional dan bercita-cita melestarikan seni tradisi Jawa. Kini ia menjadi mahasiswa di Fakultas Pendidikan Seni Tari. Selain terus belajar, Ia juga ingin mengajarkan dan menyebarkan pengetahuannya tentang budaya tradisi ini.
Salah satu tarian yang dikagumi Susi adalah cerita tentang Dewi Sri. Ia menyadari dan mengetahui belakang bahwa terdapat banyak filosofi dan pelajaran yang tersembunyi dari berbagai tradisi budaya nenek moyang. Tari Dewi Sri memberikannya pengetahuan baru, ternyata Dewi Sri awalnya adalah seorang putri yang disihir menjadi ular akibat ulah keserakahan manusia. Dewi Sri bisa kembali menjadi wujud manusia karena pertolongan seorang petani. Oleh karena itu, Dewi Sri memberikan panen yang berlimpah kepada petani. Hingga kini, Dewi Sri dikenal sebagai Dewi Padi dalam tradisi budaya Jawa.

Sumber Berita

Sindo News


Lebih Lanjut Tentang

Yogyakarta, Tarian , Dewi Sri

 

Previous post

Mengenal Lebih Dekat Suku Kamoro

Next post

Hibah Gamelan dan Wayang untuk Papua

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.