Berita

Ayu Laksmi Gelar Konser Bernuansa Nusantara

Ayu Laksmi menyapa ratusan penonton di Gedung Kesenian Jakarta. Para penonton mendapatkan kejutan instrumen perkusi berbentuk dua bilah bambu yang akan berbunyi jika saling dipukulkan.
Ayu mengajak penonton untun mengiringinya bernyanyi dengan alat musik tersebut. Konser teater musikal ini bertajuk Cinta Satu Titik. Konser ini dilangsungkan dalam rangka meluncurkan album barunya, Svara Semesta 2. Album ini merupakan kumpulan lagu dengan iringan musik bernuansa nusantara.
Ayu merasa prihatin dengan musik Indonesia yang kini dianggap tidak memiliki identitas, malah tenggelam dalam pengaruh asing dan melupakan akar budaya milik sendiri.
Dalam album ini ada lagu yang bernuansa Sumatera Barat, dengan adanya suara saluang-instrumen tiup dari Sumbar. Lagunya pun dinyanyikan Ayu dnegan bahasa Minang dan cengkok Melayu.
Ada juga lagu yang mempertemukan ciri khas musik suling sunda dengan gamelan bali dan dinyanyikan dengan cengkok sunda. Lagu-lagu ini tetap memiliki rasa musik modern karena masih ada penggunaan instrumen gitar, piano, biola dan cello.
Ayu adalah seorang perempuan Bali, banyak lagu dalam albumnya ini yang dipersembahkan untuk identitas budaya Bali.

Sumber berita

Lebih lanjut Saluang , Minang , Melayu , suling sunda , gamelan bali , sunda

Previous post

Desainer, Poppy Dharsono, dan Kain Warisan Tradisional

Next post

Bateeq Akan Bawa Batik ke New York

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.