Berita

Indonesia raih penghargaan dalam Festival Budaya di Inggris

Indonesia di wakili Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Leeds dan PPI di York berhasil meraih gelar The Best Performance pada dua acara budaya yakni World Unite Festival 2015 di Leeds University dan acara Global Week 2015 di York University, yang digelar akhir pekan.

Festival budaya selama satu pekan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan pentingnya kebudayaan sebagai salah satu sarana pemersatu bangsa di dunia diikuti oleh 12 komunitas pelajar Internasional dari berbagai negara di University of Leeds.

Acara diisi dengan pameran, workshop, bazaar kuliner masing-masing negara, pemutaran film, pelatihan alat musik tradisional, dan sebagai puncak serta penutup adalah acara Cultural Showcase dimana masing-masing negara menampilkan seni budaya.

Pada kesempatan tersebut Indonesia menampilkan drama musikal yang dikemas dengan penampilan tari Sajojo, tari Enggang, tari Ngapote, tari Salama dan tari Saman serta pertunjukan musik angklung yang disajikan secara medley dengan latar belakang slide show keindahan daerah-daerah tujuan pariwisata Indonesia.

Penampilan Indonesia memukau penonton dan menghasilkan penghargaan sebagai The Best Performance. Penghargaan ini merupakan penghargaan ketiga kalinya yang diraih PPI Leeds secara berturut-turut pada tiga tahun terakhir ini.

Kesuksesan PPI Leeds diikuti PPI York pada Acara Global Week 2015 yang digelar International Student Association University of York dengan melibatkan komunitas pelajar internasional dari 14 negara di University of York.

Tarian Saman yang ditampilkan Indonesia pada pembukaan kegiatan Global Week 2015 menarik perhatian penonton dan berdasarkan voting dilakukan pada akhir acara untuk pertama kalinya Indonesia meraih gelar sebagai penampil terbaik peringkat ketiga setelah Jepang dan Amerika Latin pada peringkat satu dan dua.

Keikutsertaan Indonesia pada rangkaian kegiatan Global Week 2015, selain tampil pada acara Cultural Performance juga berpartisipasi pada acara Food Fiesta untuk mempromosikan kuliner Indonesia bersama dengan komunitas internasional lainnya.

Kedua acara budaya tersebut dihadiri Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia. Partisipasi PPI Leeds dan PPI York pada masing-masing acara didukung penuh KBRI dan masyarakat Indonesia setempat.

Dubes Thayeb menekankan kegiatan pelajar Indonesia hendaknya diselaraskan dengan acara yang diselenggarakan universitas masing-masing agar dapat lebih efektif dan efisien dalam mempromosikan Indonesia kepada kalangan publik di Inggris.

Dengan ikut bersama kegiatan di universitas masing-masing diharapkan penonton yang hadir akan lebih banyak warga setempat, serta menunjukkan interaksi positif pelajar Indonesia dengan pelajar setempat/internasional.

Lebih lanjut, Dubes Thayeb juga menyampaikan penggunaan kekayaan seni budaya Indonesia untuk mempromosikan citra Indonesia cukup efektif tidak saja memperkenalkan atau meningkatakan pemahaman mengenai Indonesia tapi juga menggugah minat calon wisatawan berkunjung ke Indonesia.

Berita terkait 

Lebih lanjut Tari Saman , Tari Sajojo , Sajojo

Previous post

Belajar Menggambar Wayang, Cara Perkenalkan Seni-Budaya ke Pelajar Bali

Next post

Pesona Keraton Kasepuhan Cirebon Satukan Tiga Agama dan Budaya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.