Media Sosial

PEMBUKAAN PAMERAN NASKAH CERITA PANJI: CERITA PANJI SEBAGAI WARISAN BUDAYA DUNIA

Jumat, 24 Oktober 2014 bertempat di Halaman Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan Nasional RI, Jl. Salemba Raya No. 28A – Jakarta Pusat digelar acara pembukaan Pameran Naskah Cerita Panji: Cerita Panji sebagai Warisan Budaya Dunia.

Acara tersebut di buka dengan penampilan Tari Kelana Topeng.

Pihak Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustakan dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional RI, Welmin Sunyi Ariningsih, sedang mengusulkan Cerita Panji versi Palembang yakni Panji Angreni sebagai icon Memory of Nation dan Memory of the World ke UNESCO. Cerita Panji Angreni ini merupakan naskah cerita panji yang beredar di daerah Palembang, Sumatera Selatan. Cerita ini cukup lengkap dan detil.

Tari Gambir Anom menutup acara pembukaan dilanjutkan dengan pengguntingan pita di Auditorium utama di mana 40 naskah cerita panji dipamerkan. Selain 40 naskah kuno, dipamerkan juga lukisan cerita panji terpanjang di dunia selebar 1,5 M dengan panjang 60 M karya Taufik Razhen.

Pameran naskah-naskah cerita panji koleksi Perpustakaan Nasional RI akan berlangsung hingga tanggal 30 Oktober 2014 mendatang. Selain itu, pada tanggal 28 – 29 Oktober juga akan berlangsung Seminar Cerita Panji.

Pameran naskah cerita panji ini sebagai salah satu upaya mengenalkan dan memupuk kecintaan terhadap cerita panji warisan budaya Indonesia yang sayangnya kurang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia di masa kini khusunya di kalangan kaum remaja.

Previous post

SENDRATARI SEKAR JAGAD TALINING JIWO PERSEMBAHAN PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN

Next post

PEKAN KOMPONIS INDONESIA 2014: KERONCONG RIWAYATMU KINI …

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.